Lebih dari satu tahun, Vanessa mengerjakan buku terbarunya, HERE*NOW. Buku ini menampilkan karya fotografi Vanessa yang berhasil membekukan kejujuran jiwa dari 50 wajah-wajah orang Indonesia. Sesuatu yang ia temukan terjalin dalam keberagaman gender, profesi dan usia pada model-modelnya.

Sebelum menekuni fotografi, Vanessa terlebih dahulu dikenal sebagai direktur film. Beberapa diantaranya adalah Paper Bird (2007), Karma Cowboy (2001), Mona (1998), New York Images (1996), Alps (1995) dan Growing Silently (1994). Ketertarikannya pada fotografi kemudian membawanya ke University of Dortmund, Jerman dan karya-karya potretnya pun telah mengikuti berbagai pameran seperti Paperfold (2012), Taboo (2010), serta Remembering Whats Lost (2009).

Perempuan yang lahir di San Rafael, California pada tahun 1971 ini memotret laki-laki, perempuan dan waria dengan rentang usia 20 – 80 tahun. Tanpa membedakan kesempatan bagi barista, seniman, musisi terkenal, artis, perancang busana, atlet maupun profesi lainnya, setiap orang ia foto dua kali dalam balutan baju favorit mereka dan satu kali dengan balutan kain putih khusus hasil kolaborasi antara Vanessa dan Chitra Subyakto dari Sejauh Mata Memandang.

Seorang pengunjung tampak memaknai karya potret Vanessa (Pic by Aruma Sistha)
Vanessa ketika menjelaskan karya-karyanya kepada awak media (Pic by Aruma Sistha)

Melalui proses kurasi, terpilih sebanyak 39 orang model yang ditampilkan di dalam buku HERE*NOW, yaitu diantaranya adalah Ananda Sukarlan, Kaka Slank, Ridho Slank, Ivanka Slank, Jay Subyakto, Tri Handoko, Reti Ragil, Poppy Sovia, Rama Dauhan, Alexander Siregar, Sari Kusumaningrum, Triyaningsih dan Ayla Dimitri. Bersamaan dengan penerbitan buku HERE*NOW, karya potret Vanessa dalam buku tersebut juga dipamerkan dan disandingkan pula dengan potret terpilih dari RAW, seri buku sebelumnya dengan tajuk FREE FALL. Pameran ini juga merupakan pengalaman pertama Jay Subyakto menjadi seorang kurator mendampingi Oscar Matuloh.

Pameran fotografi FREE FALL dapat travelmate simak di Art:1 New Museum mulai tanggal 24 Februari – 18 Maret 2018 pada pukul 10.00 – 18.00 WIB (Selasa – Sabtu) dan Minggu pukl 10.00 – 16.00 WIB. Apabila travelmate membutuhkan guide untuk mendampingi grup besar, silahkan langsung menghubungi Art:1 melalui 021 64700168/ 0813 1954 3349 (WhatsApp) atau via email di info@mondecor.com

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *