Pulau Bali rasanya memang tidak cukup dengan hanya satu kali kunjungan. Ada banyak sekali tempat-tempat baru yang selalu mengundang hasrat untuk dijelajahi. Berikut ini adalah list pantai-pantai keren anti mainstream yang wajib travelmate kunjungi saat berlibur ke Bali:

Green Bowl

Sesuai namanya, pantai ini dinamakan Green Bowl karena bentuk karangnya yang menyerupai mangkuk dan berisi air laut yang berwarna hijau kebiruan. Terletak di area Uluwatu, pantai Green Bowl termasuk wajib untuk dikunjungi. Jika air sedang surut, travelmate dapat bermain air sambil berendam di beberapa titik yang bentuknya menyerupai kolam alami. Berendam di kolam alami berisi air laut, lengkap dengan pemandangan cakrawala dan langit cerah pasti menjadi pengalaman tak terlupakan bagi travelmate. Perjalanan dari tempat parkir kendaraan menuju garis pantai membutuhkan waktu kurang lebih 20-30 menit dengan berjalan kaki menuruni tebing. Selain itu, di pantai ini belum tersedia warung yang menjual makanan dan minuman. Jadi, selain tenaga yang cukup untuk berjalan, pastikan travelmate membawa bekal makanan dan minuman yang cukup ya!

imgsource : wulandaritour.com
Watu Bolong

Penasaran, gimana rasanya menunggangi ombak dengan papan selancar? Langsung siapkan waktu kosong untuk datang ke pantai Watu Bolong. Masih termasuk dalam area Canggu yang belakangan menjadi sangat populer, pantai ini menjadi rujukan baru bagi orang-orang yang ingin belajar surfing. Jangan khawatir, tersedia penyewaaan papan plus jasa kursus singkat bagi travelmate yang benar-benar awam dalam hal surfing. Bagi yang senang berfoto, terdapat satu stand yang menyediakan jasa foto surfing sehingga travelmate bisa mendapatkan foto ciamik yang ditangkap menggunakan lensa tele saat berselancar ria. Satu lagi bonus yang ditawarkan oleh pantai ini, yakni di pantai Watu Bolong ini terdapat sebuah bar yang hits banget bernama Old Man’s. Cukup merogoh kocek sebesar 35 ribu rupiah, travelmate bisa menikmati segelas Mango Granitas untuk menyegarkan tenggorokan selepas aktivitas surfing.

imgsource : wisataterindah.net
Gunung Payung

Terletak persis bersebelahan dengan Pantai Pandawa yang sangat populer, pantai Gunung Payung ini nggak kalah indahnya buat disambangi. Untuk mencapai garis pantai, travelmate harus berjalan menuruni tebing selama sekitar 15 menit. Jangan sedih, pemandangan yang cantik luar biasa akan menemani perjalanan travelmate untuk menuruni tebing. Laut lepas berwarna hijau tosca, bukit yang hijau dan beberapa atlet paralayang yang hilir mudik di langit biru menambah pesona pantai ini. Di tengah perjalanan pula, travelmate akan menemui sebuah area padang ilalang yang sangat elok sebagai lokasi berfoto. So, don’t forget to prepare your best outfit!

imgsource : staticflickr
Padang Padang

Nama pantai yang satu ini pasti sudah tak asing lagi bagi travelmate yang pernah menonton film Eat Pray Love yang dibintangi Julia Roberts. Betul, pantai Padang-Padang ini merupakan tempat yang menjadi setting pada salah satu scene di film tersebut. Tak salah lagi, pantai ini wajib dikunjungi karena pasirnya yang putih dan ombaknya yang bergulung cantik. Umumnya pengunjung menghabiskan waktu untuk berjemur dan surfing di pantai ini. Ombak di pantai Padang-Padang ini memang terkenal cukup sempurna untuk mereka yang gemar berselancar. Tapi, bermain istana pasir ataupun voli pantai bersama teman-teman juga tak kalah asiknya loh.

imgsource : shutterstock

Area di sekitar pantai ini telah dilengkapi dengan tempat parkir, toilet dan warung yang menyediakan berbagai kebutuhan dasar. Jadi, travelmate bisa mengajak teman-teman maupun keluarga besar untuk mengunjungi pantai ini tanpa rasa cemas.

Tegalwangi

Namanya memang sangat jarang terdengar. Namun jangan salah, pantai Tegal Wangi ini menawarkan pemandangan yang tak kalah cantiknya dari pantai populer lainnya. Terletak tak begitu jauh dari area Jimbaran, pantai ini sempurna buat travelmate  yang ingin menjajal pantai apik namun tak punya cukup waktu untuk perjalanan panjang. Jarak perjalanan kaki yang harus ditempuh pun tak begitu menempa fisik, cukup dengan 5 menit menuruni anak tangga, pasir putih sudah bisa dinikmati satu paket dengan ombak yang cantik. Jika travelmate memiliki waktu dan budget yang cukup, jangan lupa sempatkan diri mampir ke Rock Bar yang terletak persis di sebelah pantai ini ya. Menikmati matahari terbenam di ujung tebing sambil menyegarkan diri dengan segelas cocktail, siapa yang bisa menolak?

[Baca juga: 8 Resolusi Seru di 2018 buat Para Penggemar Travel]


imgsource : tipswisata.com
Prapat Agung

Agak berbeda dengan pantai-pantai lainnya yang letaknya masih terjangkau dari pusat keramaian, Pantai Prapat Agung memiliki lokasi yang jauh tersembunyi di bagian barat pulau Bali. Ya, pantai ini merupakan bagian dari area Taman Nasional Bali Barat atau biasa disingkat TNBB. Jika travelmate membayangkan sebuah pantai yang tenang tanpa ombak, lengkap dengan pasir putih dan suasana yang sepi dari orang banyak, Prapat Agunglah jawabannya. Untuk menjangkau pantai ini, travelmate bisa masuk melalui Sumber Klampok yang merupakan pos lapor utama TNBB. Lalu, mintalah mereka menunjukkan arah menuju Pos Prapat Agung. Sekalipun air laut sangat tenang dan tidak terlihat berombak sedikitpun, terkadang arus di Pantai ini cukup kuat. Sehingga, pastikan travelmate bisa berenang dan membawa teman agar aman ya!

Photo by : Emilda Rizky
Berawa

Lelah dengan aktivitas liburan yang padat? Saatnya chilling di pantai Berawa. Pantai Berawa memiliki pasir yang hitam mengkilat lengkap dengan ombak yang cukup besar, tipikal pantai yang sempurna untuk berselancar. Sebaliknya, pantai ini kurang cocok bagi travelmate yang ingin sekedar berenang-berenang lucu sambil bermain ombak. Tapi, jangan sedih. Ada belasan beach bar yang tersedia di sepanjang garis pantai ini, yang menjual minuman-minuman segar lengkap dengan tempat yang cozy  untuk menikmati pemandangan pantai dari kejauhan. Jika travelmate mencari tempat yang hits dan kekinian, Finns Club sangat wajib untuk dikunjungi. Sebaliknya, jika travelmate mencari tempat yang sedikit low budget dan tidak terlalu ramai, Arboon maupun Classic Beach Bar tak kalah asik buat ditongkrongi. Berbaring malas di atas beanbag, sambil menunggu sunset dan bertemankan bir dingin, siap-siap untuk tak mau pulang dari Bali ya!

imgsource : lifeisverybeautiful
Sudamala

Siapa diantara travelmate sekalian yang merupakan #TeamSanur? Pasir putih, ombak tenang dan pesona matahari terbit yang menjadi kelebihan Pantai Sanur pasti mendapatkan tempat tersendiri di hati, sekalipun sudah sangat sering dikunjungi setiap berlibur ke Bali. Nah, adalah Pantai Sudamala, yang menjadi alternatif bagi travelmate yang menghendaki suasana Pantai Sanur, namun dengan jumlah pengunjung yang jauh lebih sedikit. Pantai ini merupakan bagian dari Resort Sudamala, yang masih berada satu garis dengan Pantai Sindu dan Sanur. Suasana yang cukup sepi dan pasir putih yang bersih menjadi alasan yang sempurna untuk menghabiskan waktu berjam-jam di pantai ini.

imgsource : kintamani.id

Perlengkapan “perang” yang wajib travelmate  bawa saat bermain di pantai ini tak lain adalah kain untuk berbaring, sunblock, buku, kacamata hitam dan swimming ring alias ban berenang. Mengingat ombak yang sangat tenang, mengapung berlama lama di atas ban atau kasur angin menjadi aktivitas menyenangkan untuk dilakukan. Hitung-hitung, sambil mengenang masa kecil, hihi.

Water Blow

Jika travelmate berada di sekitar wilayah Nusa Dua, jangan lupa sempatkan diri untuk mampir ke pantai Water Blow. Sedikit berbeda dengan pantai lainnya, disini kita tidak akan menyentuh pasir pantai secara langsung, melainkan berdiri di area tebing yang berada cukup tinggi di atas permukaan air laut.  Travelmate akan dihadapkan dengan hamparan bebatuan karang yang sangat tajam yang cukup berbahaya jika kita memijaknya dengan tidak berhati-hati. Tapi jangan khawatir, oleh pengelola setempat telah dibuatkan lajur untuk berjalan kaki, termasuk area berpagar yang aman untuk melihat ombak lebih dekat.

imgsource : tirto.id

Pada sebuah titik, terdapat tebing yang terbelah dan membentuk celah menyerupai gang kecil. Titik inilah yang menjadi pusat atraksi, karena hempasan ombak yang begitu kencang akan menimbulkan suara yang sangat nyaring. Selain itu, percikan ombak pada celah sempit tersebut akan membuat air laut terciprat ke atas dalam jumlah besar. Momen inilah yang biasanya ditunggu-tunggu oleh para pengunjung untuk berfoto ria. Jadi, travelmate jangan lupa siapkan kamera untuk mengabadikannya ya!

Bias Tugel

Pernah berkhayal tentang surga yang wujudnya berupa laut biru yang tersembunyi di balik hutan rimbun, lengkap dengan sebuah laguna kecil tempat travelmate bisa berenang dengan tenang? Pantai di Bali yang mendekati definisi “surga” itu, adalah Pantai Bias Tugel yang terletak persis di sebelah pelabuhan Padang Bai. Jika berangkat dari area Kuta, dibutuhkan waktu kira-kira 2 jam untuk sampai ke pantai ini dengan menggunakan kendaraan pribadi. Lumayan, ya. Belum lagi, untuk menuju ke pantai ini, travelmate harus berjalan menuruni bukit yang rimbun selama kurang lebih 15 menit. Tapi, semua perjalanan jauh itu terbayar lunas dengan keindahan pantai Bias Tugel ini.

imgsource : reresepan.com

Untuk dapat berenang di laguna, travelmate harus berjalan sedikit ke balik bebatuan yang terletak di ujung garis pantai. Pastikan travelmate bisa berenang ya sebelum masuk ke dalam air. Karena, sekalipun ombak tenang, namun laguna di pantai ini memiliki air yang cukup dalam, sehingga tidak cukup dijangkau dengan hanya berdiri saja. Jika beruntung, travelmate bisa menemukan nelayan-nelayan lokal dan membeli ikan dari mereka dengan harga yang murah. Siap-siap deh, pesta bakar ikan di pantai sore harinya!

[Baca juga: Mari Nikmati Kopi Sambil Menyambut Mentari]


Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *