Tahun baru tentunya merupakan momen yang tepat untuk membuat resolusi agar kita menjadi pribadi yang lebih baik. Tapi biasanya, resolusi lebih mudah dituliskan ketimbang dilakukan sehingga daftar resolusi yang sama akan terus berulang di setiap tahun yang baru.

Mengawali tahun 2018, Travelous Life juga ikut memberikan 8 pilihan resolusi seru buat para penggemar travel. Proses yang menyenangkan serta sesuai dengan kegemaran travelmate semua, tentunya membuat 8 resolusi ini akan lebih mungkin dicapai.

1. Naik Kereta Api ke luar kota
imgsource : pegipegi.com

Kereta api merupakan moda transportasi seru yang bisa travelmate coba selama melakukan perjalanan ke luar kota di tahun 2018. Selain karena harga tiketnya yang bervariasi, kereta api juga menawarkan suasana serta pemandangan yang berbeda dibandingkan dengan menggunakan transportasi lain.

Area persawahan, langit biru, terowongan, jembatan, sungai, bahkan tetes air hujan di kaca jendela dijamin akan membangkitkan romantisme unik dalam diri travelmate selama berada di bangku kereta api. Jika beruntung, travelmate pun bisa mendapatkan teman mengobrol yang asyik selama perjalanan.

Kereta api yang disediakan oleh PT. KAI sekarang pun sudah sangat nyaman. Kita sudah dapat menikmati AC yang dingin di kelas ekonomi berharga murah. Jadi, buat travelmate yang belum pernah merasakan sensasi seru naik kereta api, tahun ini adalah saat yang tepat untuk mencobanya.

2. Menantang diri untuk solo traveling
imgsource : shutterstock

Traveling dengan teman-teman memang selalu seru, tetapi di tahun ini travelmate bisa mencoba memberanikan diri untuk traveling sendirian, paling tidak untuk pengalaman sekali seumur hidup.

Karena sebenarnya, traveling sendirian alias solo traveling dapat memberikan segudang manfaat dan pengalaman berharga untuk travelmate semua. Selain tidak harus berdebat dengan teman seperjalanan mengenai destinasi mana yang harus di datangi, solo traveling juga dapat menjadi sarana bagi travelmate untuk lebih mengasah kemandirian serta mengenal diri sendiri.

So, jangan ragu untuk memulainya di tahun 2018 ini, Travelous Life juga akan merangkum destinasi mana saja yang aman untuk memulai pengalaman solo traveling kamu.

3. Traveling untuk menjadi relawan
imgsource : project-abroad.ca

Memangnya bisa? Oh bisa dong! Ada beberapa penyedia kegiatan kerelawanan atau volunteering yang dapat diikuti oleh travelmate di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Menjadi relawan tentunya akan memberikan pengalaman bermakna yang super unik, apalagi kegiatan ini dilakukan ketika traveling jauh dari kota asal kita.

Jika masih berada di Indonesia, travelmate bisa memilih beberapa lembaga sosial yang ada di kota tujuan, lalu menghubungi lembaga tersebut melalui telepon untuk menawarkan diri menjadi relawan sementara di sana. Biasanya, mereka akan sangat menghargai niat travelmate dan mengijinkan kita untuk berkunjung atau menjadi relawan “paruh waktu” sesuai dengan rencana perjalanan kita.

Namun, jika ingin menantang diri untuk menjadi relawan sekaligus traveling ke luar negeri, travelmate bisa bergabung dengan mendaftarkan diri menjadi relawan melalui website penyedia kegiatan volunteering. Melalui website tersebut, travelmate dapat memilih negara, jenis kegiatan, waktu serta estimasi biaya akomodasi yang diperlukan untuk berkontribusi menjadi relawan di sana.

4. Menjadi lebih antusias dan spontan
imgsource : travelspark.com

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, sebelum melakukan perjalanan tentunya travelmate akan membuat perencanaan yang matang dan rinci. Namun terkadang, pengalaman yang paling tidak terlupakan berasal dari sebuah kejadian yang tidak kita rencanakan sebelumnya.

Meskipun tanpa perencanaan yang rinci, bersikap spontan bukan berarti nekat. Travelmate tetap harus melakukan sedikit riset terlebih dahulu sebelum pergi ke suatu tempat, namun tidak terpaku pada hasil risetnya.

Cobalah hal-hal baru, festival, kuliner hingga kesehariannya. Travelmate pun bisa ikut menari dan menyanyi dalam karnaval, berinteraksilah dengan penduduk sekitar, masuki pasar tradisional, toko cokelat, atau kemanapun travelmate ingin melangkah. Tapi ingat, harus tetap waspada terhadap copet dan tindak kejahatan lainnya ya.

5. Mempelajari bahasa baru
imgsource : handsupholidays.com

Jangan biarkan bahasa menjadi batasan untuk menikmati perjalanan. Selain mengikuti kursus bahasa, mempelajari bahasa baru juga dapat dilakukan ketika traveling ke suatu daerah atau negara. Pelajari paling tidak 10 kosa kata penting yang dapat mempermudah komunikasi dengan penduduk lokal, seperti “Selamat pagi”, “Permisi”, “Selamat tinggal”, “Terimakasih”, “Maaf”, “Berapa harga benda ini?” dan kata-kata lain yang akan cukup sering digunakan.

Menggunakan bahasa lokal juga dapat membantu travelmate mendekatkan diri kepada masyarakat setempat. Biasanya mereka akan senang menjadi “mentor” bagi para pelancong yang mempelajari budaya dan bahasanya dengan menambahkan beberapa kosa kata baru ketika berbincang serta membenarkan pengucapan yang kurang tepat. Travelmate juga dapat menginstall aplikasi penerjemah untuk mempermudah pencarian arti dalam bahasa lokal dengan cepat.

6. Berteman dengan penduduk lokal
imgsource : metowe.com

Berinteraksi hingga berteman dengan penduduk lokal dapat membuka peluang bagi travelmate untuk menjelajahi serta menemukan surga tersembunyi di wilayah tersebut. Namun terkadang, bertemu dan berbincang hangat bukanlah hal yang mudah.

Untuk itu, travelmate bisa bergabung dan berinteraksi terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan dengan komunitas-komunitas travel melalui media sosial seperti Facebook, Instagram, Meetup, Couchsurfing, atau beberapa media sosial yang akan diulas lebih rinci oleh Travelous Life.

7. Berburu senja!
Senja di Teluk Triton, Kabupaten Kaimana, Provinsi Papua Barat. (imgsource : Wonderful Indonesia)

Kapan terakhir kali travelmate menikmati senja? Bukan di dalam sebuah foto Instagram atau unggahan video YouTube, tapi benar-benar melihat senja serta melebur bersama keindahannya.

Entah mengapa sebagai manusia, setiap hari kita selalu merasa diburu oleh waktu sehingga tidak dapat membiarkan otak dan hati bersinergi untuk merasakan magisnya senja. Maka, di tahun 2018 ini mari kita biarkan kedamaian merasuki diri melalui momen senja yang dihadirkan semesta untuk kita.

Lagipula, senja hadir di seluruh sudut bumi. Jadi travelmate dapat menikmatinya dari mana saja berada, baik dari jendela sebuah penginapan di daerah terpencil, pantai, maupun dari dalam mobil yang terjebak dalam kemacetan.

8. Menjelajahi daerah tempat tinggalmu
imgsource : shutterstock

Banyak traveler terpaku pada destinasi yang berada di luar kotanya, namun sudahkah travelmate meluangkan waktu untuk menjelajahi kota atau daerah tempat tinggal kita? Ada banyak hal menarik bagi para pelancong namun tampak biasa saja bagi kita yang tinggal di sana. Padahal menjadi turis di daerah sendiri sangatlah menyenangkan. Travelmate bisa sesekali mencoba membaca buku di perpustakaan kota, menonton film di bioskop lokal, mencoba kedai kopi baru yang eksentrik, mengunjungi museum, mencari tahu sejarah desa atau menikmati senja di alun-alun kota.

Jika belum pernah mencoba, tahun 2018 ini adalah saat yang tepat untuk menjelajahi daerah tempat tinggalmu sendiri dan menemukan banyak hal ajaib di sana!

Selamat berpetualang!
Please follow and like us:

One thought on “8 Resolusi Seru di 2018 buat Para Penggemar Travel”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *